https://melayupedia.com


  • Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    space iklan kosong P15

    Anambas, Pulau Tropis Terindah Tempat Habitat Hidup Ikan Napoleon

    Ikan Napoleon (IST)

    Batam, Melayupedia.com – Kepulauan Riau (Kepri) mempunyai salah satu daerah dengan bentangan luas perairan mencapai 46.074 Km persegi, dengan 255 pulau-pulau kecil. Daerah tersebut adalah Kepulauan Anambas.

    Kepulauan Anambas merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Tercatat pada 2007 sekitar 41.341 jiwa menempati kabupaten seluas 590,14 Km persegi ini.

    Anambas terletak antara Singapura dan Kepulauan Natuna di Laut China Selatan. Posisi tersebut menjadikannya salah satu kabupaten terdepan Indonesia.

    Di antara ratusan pulau-pulau kecil di Kepulauan Anambas, ternyata hanya 26 pulau yang berpenghuni. Sehingga ada 229 pulau kecil lainnya yang tak berpenghuni dan dijaga ketat oleh aparat.

    Di tahun 2021 lalu, CNN menobatkan Anambas sebagai Pulau Tropis Terindah di Asia, yang mengalahkan Kong Cang dan Similand di Thailand, Langkawi Malaysia dan Teluk Halong di Vietnam.

    Dari bentangan perairan di Kepulauan Anambas, ternyata menjadi salah satu habitat ikan Napoleon atau bahasa latinnya Cheillinus undulatis.

    Ikan yang bernilai ekonomi tinggi, dibudidayakan nelayan setempat menanti untuk dikunjungi sebagai saksi kejayaan nelayan Anambas.

    Napoleon merupakan jenis ikan karang berukuran tubuh paling besar dari keluarga Labridae. Tubuhnya umumnya berwarna terang.

    Ikan tersebut juga dikenal dengan sebutan humphead maori wrasse dalam Bahasa Inggris, sementara masyarakat setempat mengenal napoleon dengan nama ikan ketipas.

    Pada era 1990-an, napoleon menjadi raja bagi para nelayan di Anambas karena harga jualnya fantastis. Nilainya mencapai 180 dolar Singapura per kilogram. Tidak mengherankan apabila banyak nelayan Anambas yang tergiur menjadi pembudidaya napoleon.

    Salah satu desa yang merupakan desa budidaya ikan napoleon terbesar di Anambas adalah Desa Air Sena. Di desa yang terletak di Kecamatan Siantan Tengah itu, 80 persen warganya menjadi nelayan pembudidaya napoleon. Setidaknya, setiap nelayan budidaya memiliki 3-4 kolam karamba.

    Iklan P14