BP Batam Gelar Bimtek Pengenalan dan Pemahaman Dasar Pengelolaan Lingkungan

BP Batam menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Selasa (8/11/2022).

BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Selasa (8/11/2022).

Bimtek bertajuk “Pengenalan dan Pemahaman Dasar Pengelolaan Lingkungan” ini digelar di Hotel Santika Batam Center. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan, Binsar Oktavidwin Tambunan.

Dalam sambutannya, Binsar menyampaikan bahwa Bimtek ini digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan teknis serta manajerial para pegawai di lingkungan Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan, khususnya yang bertugas di bawah Unit Usaha Pengelolaan Lingkungan.

Saat ini, pemenuhan kebutuhan air bersih di Batam telah mencapai 98 persen. Sedangkan pengelolaan limbah terpusat hanya sekitar 5 persen.

Namun di lain sisi, pertumbuhan investasi dan rumah tangga terus bertambah sehingga dibutuhkan keahlian khusus untuk mengelola limbah yang tentunya juga akan terus bertambah.

“Para pegawai ini harus diberikan pengetahuan teknis dengan tujuan agar disertifikasi, sehingga cakap dalam mengelola lingkungan untuk mendukung kemajuan Batam,” ujar Binsar.

“Di bawah kepemimpinan Kepala BP Batam, Bapak Muhammad Rudi, Batam berkembang cukup signifikan. Sehingga pengelolaan limbah juga harus menjadi prioritas dan dibutuhkan keahlian khusus untuk mengelolanya,” lanjutnya.

Senada dengan Binsar, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM), Lilik Lujayanti yang turut hadir dan memberikan sambutan mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung Bimtek ini demi peningkatan kompetensi SDM di lingkungan BP Batam.

“Kami sangat mengapresiasi inisiasi Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan, semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan agar kompetensi SDM di lingkungan BP Batam terus berkembang, terutama para pegawai yang mengelola pekerjaan teknis,” tutup Lilik.

Bimtek tersebut menghadirkan tiga narasumber, yaitu Sonny Abfertiawan dan Serindit Indraswari dari Balai Teknologi Sanitasi Surabaya, serta Andrea Sucipto dari Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Bekasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini General Manager Pengelolaan Lingkungan, Iyus Rusmana; Manager Operasional dan Pemeliharaan, Raden Rara Ely Nugrahini; Manager Komersial, Irwan; serta para Pejabat Tingkat IV di lingkungan Unit Usaha Pengelolaan Lingkungan.

(*)