Internet Expo Kepri 2022 di Batam, Gubernur Ansar Dorong Kebangkitan Ekonomi Digital

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad membuka Internet Expo 2022 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Kepri di Atrium One Batam Mall, Jumat (11/11/2022).

TANJUNGPINANG, MELAYUPEDIA.COM - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad membuka Internet Expo 2022 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Kepri di Atrium One Batam Mall, Jumat (11/11/2022).

Kegiatan yang mengusung tema `The Unexpected Future Innovation` ini diselenggarakan oleh APJII Wilayah Kepri yang berlangsung dari 11-13 November 2022.

Gubernur Ansar mengatakan, penyediaan akses jaringan internet yang semakin baik di wilayah Kepri akan mampu mendorong kebangkitan ekonomi barbasis digital.

"Karena akan makin banyak pelaku usaha yang memanfaatkan akses internet untuk kelancaran bisnisnya," ujar Ansar.

Pemerataan akses jaringan internet di seluruh wilayah Kepri, satu sisi juga membantu pemerintah dalam usaha transformasi digital. Tidak hanya bagi Kepri, tapi juga seluruh wilayah Indonesia.

Apalagi, Pemprov Kepri juga terus berkomitmen melakukan pemerataan pembangunan jaringan internet di seluruh wilayah, guna mendorong pertumbuhan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan berbagai sektor pembangunan.

"Sejauh ini Pemprov Kepri telah membangun 77 BTS yang tersebar di tujuh kabupaten/kota. Dan akan kembali menambah 34 BTS lagi, agar bisa menghubungkan seluruh wilayah di Kepri," jelasnya.

Digitalisasi internet sebagai suatu keniscayaan dan juga kepastian, karena telah menjadi kebutuhan dasar manusia untuk menunjang berbagai aktifitasnya.

 

Disebutkan juga, kalau Kota Batam menjadi gateway internet terbesar di Indonesia. Karena Kota Batam menjadi titik centre point se-Sumatera, sehingga menjadikan akses internet murah dan cepat bisa dinikmati masyarakat Indonesia.

"Selamat atas terselenggarakannya pameran Internet Expo 2022, dimana secara bersamaan pula dicanangkan Hari Kebangkitan Ekonomi Digital Kepri, dan juga pencanangan Sumatera Internet Exchange (Sum-IX)," katanya.

Sementara itu Ketua APJII Kepri, Donal Pangihutan menjelaskan, ada 4 hal mendasar dari dilaksanakannya pameran internet expo 2022 yang baru pertama kali digelar di Indonesia, tepatnya di Kota Batam.

Pertama, secara geolocation Batam menjadi daerah yang relatif aman dari berbagai ancaman seperti gempa bumi dan juga tsunami.

"Selanjutnya di Kota Batam ini pula terdapat 97 gateway koneksi internet international, sehingga akses internet di Indonesia bisa sangat kencang," sebutnya.

Pesatnya perkembangan industri data centre di Kepri, terutama pelaku startup industri data internet yang ada di Nongsa Digital Park. Terakhir adalah, di Batam inilah terdapatnya pusat data nasional, sehingga Batam bisa berperan lebih besar dalam memotori trasformasi digital di Indonesia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepri yang telah berjuang bersama dalam memeratakan infrastruktur telekomunikasi terutama pembangunan BTS di seluruh wilayah Kepri," ucapnya.

Selama dilangsungkannya pameran internet expo 2022, ada banyak kegiatan yang dilaksanakan. Diantaranya, demo internet cepat, update mengenai teknologi terbaru. Juga ada pameran startup dan teknologi tepat guna, talkshow internet trending dengan topic, data centre industri, peluang dan tantangannya.

Kegiatan lainnya seperti cosplay competition, battle robot, esport hingga cyber security. Hingga kegiatan talkshow dengan tema 'Peluang Digital Ekonom' yang ditaja Kadin Kota Batam.