Hindari 4 Jenis Makanan Ini saat Batuk

Ilustrasi

BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat batuk. Jika dikonsumsi, daftar makanan ini bisa bikin batuk semakin parah.

Saat terkena batuk, tenggorokan terasa tidak nyaman. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan apa yang masuk ke dalam mulut.

Sejumlah makanan dianggap bisa membuat batuk semakin parah. Anda pun disarankan mengonsumsi makanan tinggi serat dan beristirahat dengan cukup.

Tak cuma beristirahat, saat batuk Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan. Jangan sampai makanan atau minuman yang dikonsumsi justru membikin batuk jadi semakin parah.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat batuk.

1. Keripik

Konsumsi makanan kering dan keras saat batuk bisa jadi sangat menyiksa. Tenggorokan akan terasa semakin gatal dan kering. Makanan kering yang dimaksud contohnya seperti keripik. Hindari makanan sejenisnya dan beralihlah ke makanan yang teksturnya lebih lunak dan mudah dicerna.

Baca juga: BPOM Batam Beberkan Merk Obat Batuk Sirup yang Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Anak

2. Gorengan

Bakwan goreng hangat memang lezat dan menggoda. Tapi, sebaiknya hindari makan gorengan yang mengandung minyak tinggi saat batuk. Sebab, kadar minyak yang tinggi tersebut dapat memperparah peradangan di tenggorokan. Batuk akan semakin parah.

3. Makanan pedas

Makanan pedas ternyata tidak benar-benar membantu Anda menghilangkan batuk dan flu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition pada 2016, menjelaskan bahwa capsaicin pada makanan pedas bisa merangsang produksi lebih banyak dahak.

4. Makanan cepat saji

Setangkup burger, kentang goreng, dan berbagai makanan cepat saji lainnya memang enak. Tapi akan berbahaya jika dinikmati saat batuk.

Kandungan nutrisi di makanan ini rendah karena telah melalui proses pengolahan yang tinggi. Terlalu banyak makan makanan cepat saji justru tidak baik untuk imunitas Anda.

Itulah makanan yang harus dihindari saat batuk. Alihkan asupan Anda pada makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah.