BP Batam Ungkap Penyebab Bocornya Pipa Air Bersih di Baloi

Petugas memperbaiki kebocoran air akibat pipa pecah di kawasan Baloi, Batam. (Foto: ist untuk Batamnews)

BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Aliran air bersih di sejumlah wilayah Batam, Kepulauan Riau terganggu akibat pecahnya pipa yang berada di depan Indomobil, Baloi, Kecamatan Lubuk Baja.

Badan Pengusahaan (BP) Batam mengungkapkan pipa tersebut pecah disebabkan alat berat untuk pemasangan saluran drainase yang bersinggungan diameter 30 cm dengan saluran besar Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). 

“Proses perbaikan sudah berjalan,” ujar Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ariastuty Sirait, Selasa (29/11/2022) siang. 

Ia menjelaskan proses perbaikan melingkupi pemasangan pipa support, pipa sambungan sudah dilas (welding) dan proses pemasangan pipa sambungan telah selesai dilakukan. 

“Sudah selesai proses pemasangannya,” katanya. 

Akibat proses perbaikan pipa bocor tersebut, sejumlah wilayah di Bengkong dan Nagoya terdampak suplai air yang tidak lancar sejak Senin (28/11/2022) sore hingga pagi tadi. 

Walaupun proses pemasangan pipa sambungan telah selesai dilakukan, suplai air di Bengkong maupun di Nagoya belum dipastikan lancar. 

“Masih butuh normalisasi air,” kata Tuty.

Sementara itu, Corporate Communication PT Air Batam Hilir, Ginda menyampaikan pihaknya telah mendistribusikan 40 mobil tangki air dengan kapasitas 5.000 liter yang diberikan untuk area terdampak tersebut. 

“Mobil-mobil tangki air tersebut sudah kami kirimkan ke sebagian besar area terdampak,” ujarnya.