Pemko Batam Siapkan 96 Ribu Paket Sembako Murah Tahun Ini

Wako Rudi turun langsung jual sembako murah di sejumlah wilayah di Batam tahun 2022 lalu. (Foto: Diskominfo Batam)

BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kembali menganggarkan sembako murah. Sebanyak 96 ribu paket disiapkan untuk program sembako murah tersebut. 

Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau mengatakan program sembako murah ini merupakan salah satu cara untuk membantu masyarakat dan mengendalikan inflasi Kota Batam. 

“Sembako murah ini diperuntukkan bagi warga Batam yang masuk kategori miskin,” ujar Gustian, Kamis (12/1/2023). 

Ia menyebutkan paket sembako murah ini berisikan bahan pokok seperti beras, minyak, tepung, gula dan telur ayam. Paket sembako murah yang disiapkan untuk tahun 2023 lebih banyak daripada tahun lalu yang hanya 45 ribu paket.

“Tahun ini fokus pemerintah kan masih tertuju pada penanganan pasca Covid-19,” katanya. 

Ia menyebutkan selain sembako murah, pihaknya juga berencana menggelar kegiatan pasar murah, seperti yang digelar tahun-tahun sebelumnya. Dan pihaknya telah menyampaikan hal itu kepada distributor.

“Langsung ke distributor, supaya lebih murah. Mereka juga setuju untuk membantu Pemko Batam dalam mengendalikan harga melalui pasar murah,” kata Dia. 

Pasar murah akan digelar saat momen hari besar. Hal ini karena setiap momen tersebut, terjadi lonjakan harga yang cukup signifikan. Untuk itu, pengendalian harga dibutuhkan di saat tersebut. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefrifin mengatakan penerima bantuan subsidi sembako murah harus tepat sasaran. Program sembako murah ini bertujuan untuk menekan inflasi Kota Batam. 

“Inflasi kita 5,95 akhir tahun 2022. Dengan penyumbang inflasi berada di sektor pangan, transportasi dan minyak. Namun, sejauh ini Pemerintah hanya dapat mengendalikan inflasi dari sektor pangan seperti cabai dan sebagainya,” kata Jefridin.