Vihara Budhi Bhakti Batam Bersolek Sambut Imlek

Vihara Budhi Bhakti Batam Bersolek Menjelang Imlek. (Foto: Arjuna/Melayupedia)

BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Banyak memang vihara di Kota Batam, Kepulauan Riau. Namun yang paling disorot ialah Vihara Budhi Bhakti. 

Vihara itu dibangun sekitar tahun 70an dan diresmikan pada 1986. Maka dari itu, Vihara Budhi Bhakti masih eksis jadi tempat peribadatan sekaligus jadi yang tertua di Batam.

Masyarakat Batam memang tak begitu familiar dengan nama Budhi Bhakti. Banyak orang lebih mengenali dengan nama Vihara Windsor karena letaknya yang memang berada di bilangan Windsor, Nagoya. 

Pada Kamis (12/1/2023) ini, MELAYUPEDIA kembali berkeliling di vihara itu. Melihat-lihat kesiapan menjelang perayaan Imlek 2023.

Puluhan lampion sudah terpasang lengkap dengan doa. Dupa-dupa juga sudah terpancang. Beberapa petugas tampak sibuk membersihkan tiap sisi vihara.

Memang, setiap tahun Vihara Budhi Bhakti pasti bersolek. Mengambil momentum tahun baru dan jelang Imlek.

"Setiap tahun lampion ganti baru. Tahun ini ada sekitar 50 lampion yang kita pasang," kata karyawan vihara, Andris.

Untuk hari ini, pihaknya mengkhususkan untuk bersih-bersih saja, karena esok sudah mulai sembahyang.

Nanti, Vihara Budhi Bhakti juga mengharuskan setiap umat maupun pengunjung untuk menggunakan masker. Hal itu merupakan upaya pencegahan dari yang tak diinginkan.

"Tahun ini sudah berjalan normal, kita juga akan main kembang api lebih meriah. Semoga diberikan kesehatan, keselamatan dan rezeki yang berlimpah," pungkasnya.