Beli LPG 3 Kg di Batam Pakai KTP, Pertamina Jamin NIK Warga Tetap Aman

PT Pertamina menjamin keamanan NIK bagi warga yang membeli LPG. (Foto: detik)

BATAM, MELAYUPEDIA.COM - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, tengah melakukan uji coba pembelian LPG 3 kilogram dengan menggunakan KTP. Metode itu telah berlangsung sejak November 2022 lalu.

Uji coba itu tak dilaksanakan pada seluruh wilayah di Indonesia. Hanya ada 5 daerah saja yang diterapkan, termasuk Kecamatan Batuampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, NIK yang tertera dalam KTP tersebut sebagai data penyaluran agar tabung gas elpiji tidak disalurkan lebih dari satu tabung.

"Keamanan data kami pastikan aman. Data itu hanya untuk data pembelian gas elpiji 3 kg Pertamina. Jadi tidak ada lagi masyarakat yang membeli gas lebih dari satu tabung untuk satu KTP," kata Satria, Rabu (18/1/2023) melansir Antara.

Ia menjelaskan, nantinya masyarakat perlu mendaftar terlebih dahulu melalui laman subsidi tepat guna. Kemudian masyarakat harus sudah terdaftar dalam database Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

"Nantinya KTP yang dibawa pembeli gas elpiji 3 kg akan langsung dicocokkan dengan database P3KE. Jika datanya cocok, maka bisa langsung beli gas 3 kg tersebut," ujar Satria.

"Namun bagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam database P3KE atau namanya tidak cocok dengan data di P3KE, maka petugas akan lakukan pembaruan data. Setelah itu, baru bisa beli gas 3 kg menggunakan KTP," pungkasnya.