https://melayupedia.com


  • Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    space iklan kosong P15

    Pulau Biola, Surganya Kepri yang Dipenuhi Bonsai Santigi

    Pulau Biola di Kabupaten Lingga Kepri (Dok. halamankepri.blogspot.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM  - Pulau Berjuala atau juga dikenal sebagai Pulau Biola, merupakan salah satu dari ratusan pulau di Kepulauan Riau (Kepri), yang menyorot perhatian orang-orang yang melewatinya.  

    Pulau yang berlokasi di Kabupaten Lingga Kepri ini, mempunyai air yang bersih dan jernih, seolah memamerkan terumbu karang di atas pasir putih.

    Kawasan ini terkenal karena penampakannya dari atas berbentuk biola, dan merupakan potensi pariwisata bahari.

    Hal inilah yang menjadi modal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, untuk mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya.

    Di Pulau ini, dihuni oleh warga Desa Cempa yang ramah, baik dan terbuka. Sehingga, para pengunjung merasa betah saat berwisata ke pulau ini.

    Desa Cempa sendiri terdiri dari dua dusun, dua RW dan empat RT. Jumlah warga yang tinggal di pulau itu sebanyak 655 orang. Sebanyak 120 dari 182 kepala keluarga bekerja sebagai nelayan. 

    Pesona Berjuala semakin indah, manakala ikan-ikan kecil yang beraneka warga tampak bermain di antara terumbu karang yang masih 'perawan' itu.

    Apalagi, hasil tangkapan nelayan sangat beragam, antara lain ikan selar, ikan mentimun, ikan karang dan lain -lain, cumi – cumi atau sotong. Serta beragam jenis udang, beragam jenis kepiting dan bilis atau istilah umumnya ikan teri.

    Di daratan pulau itu, juga dapat ditemui pohon santigi. Menariknya, ratusan pohon ini sengaja dibuat menjadi bonsai, yang tumbuh dengan subur di area bibir pantai. Bahkan hingga ke area perbukitan, untuk menambah nilai estetika pulau ini.

    Iklan P14