• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Pesta Pantai Tahunan di Pantai Tanjung Ambat

    Pantai Tanjung Ambat di Kepulauan Karimun Kepri (Dok, wisatago.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Meskipun gaungnya tak seterkenal Pantai Pongkar atau Pantai Pelawan. Tapi ternyata Pantai Tanjung Ambat di Kabupaten Kepulauan Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), tidak kalah elok dengan kedua pantai tersebut. 

    Apalagi, pantai ini masih terjaga ke alamiannya alias jarang terjamah orang. Berada di kampung Teluk Dalam, Lubuk Puding Kecamatan Buru.

    Lokasi untuk menuju ke pantai Tanjung Ambat ini, tidak terlalu sulit untuk digapai. Karena hanya berjarak sekitar 2 kilometer, dari Pelabuhan Rakyat Pulau Buru.

    Terdapat sebuah gerbang setinggi 3 meter lebih, di jalur masuk menuju pantai ini. Di tiangnya tertempel tulisan ‘Pantai Tanjung Ambat’, sementara di sisi kiri tertulis ‘Kelurahan Lubuk Puding’.

    Sejatinya, pantai ini berada dekat dengan pemukiman warga. Karena itu, dibeberapa titik, akan di jumpai rumah-rumah warga yang berdiri di punggung pantai.

    Pesta Pantai Tahunan

    Karena keelokannya, sejak lama pantai ini dijadikan lokasi untuk menggelar berbagai acara yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Salah satunya adalah Pesta Pantai, yang biasanya dihelat sekali dalam setahun.

    Dalam kegiatan ini, berbagai permainan rakyat diperlombakan. Di antaranya adalah lomba lari goni, dayung sampan hingga lomba menangkap bebek.

    Biasanya, Pesta Pantai dilaksanakn di awal januari, yakni setengah malam perayaan tahun baru, dan diperuntukkan bagi seluruh warga Pulau Buru.

    Selain berolahraga pantai, aktivitas lain yang bisa dilakukan dipantai Tanjung Ambat adalah menikmati deburan ombak di tepi pantai. Terdapat kursi-kursi dari batang kelapa, dan tanggul semen yang bisa dijadikan tempat duduk bersantai.

    Sayang, di pantai ini tidak memiliki satupun kedai yang menjual makan atau minuman. Sebab itu, sebelum bertolak kesana, pastikan kamu memiliki bekal yang cukup untuk disantap bersama keluarga ya!