• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Ikan Hiu Goreng Jadi Kuliner Favorit di Kepri, Gimana Rasanya Ya ?

    Kuliner berbahan ikan hiu (Dok. Detik.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Jika berkunjung ke Kepulauan Riau, makanan satu ini tidak boleh terlewat. Keunikan gorengan khas Batam ini adalah, gorengan menggunakan daging hewan laut yang terkenal dengan buasnya, yaitu ikan hiu.

    Makanan ini hanya bisa kalian temui di Kepulauan Riau (Kepri) saja. Bagi sobat kuliner yang belum pernah mencicipi daging ikan hiu, kalian wajib coba gorengan ikan hiu ini yang memiliki panggilan lokal Sua He Pia. Sua He artinya Ikan Hiu, sementara Pia artinya bakwan atau gorengan.

    Rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi, pastinya enak dan lezatos meskipun sebagian besar bahannya hanyalah tepung dan daging saja.

    Di Batam, gorengan ini bisa kalian temui di tempat makan seperti foodcourt atau pesan langsung ke penjual. Untuk harga cukup murah, mulai dari Rp 5 ribu per potong.

    Shark Fritters


    Di Tanjungpinang, menu Sua He Pia ternyata juga terkenal lho. Tak dibuat jadi gulai, tetapi ikan hiu di Tanjungpinang juga, dibuat gorengan yang renyah gurih. Dilapisi tepung dan digoreng kering hingga krenyes gurih rasanya.

    Selama lebih dari 29 tahun, Jung Ming dan Siw Khim, penjual kukiner Ikan Hiu Goreng, sudah menjual aneka gorengan dari otak-otak hingga sosis.

    Shark fritters atau ikan hiu berlapis tepung ini, biasanya dibuat menggunakan jenis Hiu Sand Shark, yang banyak ditemukan di Bintan. Ternyata, jenis ikan hiu ini tidak menyerang, atau memakan manusia.

    Jung Ming menjual ikan hiu goreng tepung ini dengan tambahan ngohiong, bakso ikan, otak-otak, dan bakwan udang. Setidaknya ada 30 jenis gorengan yang di jual.

    Sebelum digoreng, bagian daging ikan hiu direndam dengan air panas agar bagian kulitnya mudah dilepas. Setelah itu daging diiris hingga tipis, karena jika terlalu tebal rasanya tidak akan enak.

    Untuk resep rahasianya, daging ikan hiu ini dilapisi dengan tepung beras, sebelum di goreng dengan minyak panas. Biasanya setiap penjual punya racikan tepung masing-masing, tapi gorengan ikan hiu yang enak itu, jika tepungnya tak terlalu banyak.

    Tak hanya dari Bintan saja, gorengan ikan hiu buatan Siw Kim ini sudah terkenal. Banyak orang yang datang dari Batang hingga Jakarta, untuk mencoba gorengannya. Kalau tertarik mencoba, bisa langsung mampir ke pasar Akau Potong Lembi, di Tanjungpinang, Kepulauan Riau