https://melayupedia.com


  • Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    space iklan kosong P15

    Kekah, Hewan Pemalu yang Dipercaya Tak Bisa Hidup di Luar Natuna

    Kekah, hewan endemik di hutan lindung di Kabupaten Kepulauan Natuna Kepri (Dok. disparbud.natunakab.go.id)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Kabupaten Kepulauan Natuna di Kepulauan Riau (Kepri), mempunyai hewan endemic di hutan lindung, yaitu Kekah.

    Kekah Natuna atau dalam bahasa latin Presbytis Natunae, hidup di hutan bebas di Pulau Bunguran. Hewan mammalian ini mempunyai ciri khas, yaitu bulu yang berwarna hitam dan bagian depan berwarna putih.

    Hewan lucu ini juga memiliki sifat pemalu dan penakut, sehingga setiap melihat orang dalam jarak dekat, dia langsung bersembunyi.

    Pada bagian wajah, terdapat bulatan hitam yang mengelilingi bagian mata. Jika diperhatikan, seperti memakai kacamata hitam.

    Wajah kekah sangat lucu dan imut. Banyak yang berpendapat, jika Kekah tidak bisa dibawa keluar dari Pulau Natuna. Sebab, usia Kekah tidak bertahan lama.

    Cerita ini peroleh dari pengalaman wisatawan, yang pernah membawa Kekah ke  tempat asal wisatawan tersebut, untuk dijadikan kenangan saat berkunjung di Natuna.

    Hewan ini memang sulit ditemui di hutan bebas. Tapia da beberapa lokasi yang bisa didatangi pengunjung, untuk melihat imutnya hewan berbulu ini. Seperti di kawasan hutan Selat Lampa, Hutan di Batubi, Gunung Ranai, kawasan hutan ceruk dan sekitarnya.

    Iklan P14