• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Pulau Cempa, Tempat Peristirahatan Terakhir Putri Cantik di Lingga

    Pulau Cempa di Kabupaten Lingga Kepri (Dok. Tempatwisata.pro)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM –  Pulau Cempa yang berada di Desa Cempa, ternyata menjadi surga tersendiri bagi para pemburu ombak.

    Pulau yang terletak di Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini, tak kalah indah dengan pulau-pulau lainnya di Kepri.

    Ternyata, ada cerita turun-temurun di balik pemberian nama Pulau Cempa. Konon, nama ‘Cempa’ itu berasal dari seorang putri cantik yang meninggal dunia. Putri cantik tersebut dimakamkan di pulau ini, sehingga dinamakanlah Pulau Cempa.

    BACA JUGA:

    Pesona Pasir Putih Sepanjang 17 Km di Pantai Lapin Riau

    4 Fakta Tentang Tarempa, Ibu Kota Kepulauan Anambas

    Menginap Bak Raja Istana Tempo Dulu di Pulau Suka

    Meski belum terbukti kebenarannya, karena hingga kini makam putri tersebut belum ditemukan sampai sekarang.

    Akan tetapi, sudah banyak masyarakat yang percaya dengan cerita yang diwariskan secara turun- temurun itu, sehingga secara tidak langsung menjadi ciri khas pulau ini.

    Wisata Bahari Terbaik

    Selain diwarnai dengan legenda putri cantik, Pulau Cempa juga menjadi salah satu wisata bahari terbaik di Kepri, dengan menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat indah.

    Namun, bukan hanya lautnya saja yang patut diacungi jempol. Area sekitar pulau seperti pasir putihnya dan barisan pohon, yang ikut menambah kesan asri.

    Terlebih di pulau ini, sangat menjaga kebersihan hingga seperti ini dan menjadikan pengunjung betah untuk berlama-lama.

    Karena banyak yang belum tahu dengan Pulau Cempa, sehingga ekosistem di bawah lautnya masih asri dan belum banyak terjamah tangan manusia. Bahkan, daerah ini termasuk bebas dari polusi udara lho. Yuk ke Pulau Cempa !