• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Mirip Papeda Papua, Gubal Lingga Nikmat Jadi Teman Gulai Ikan

    Gubal khas Kabupaten Lingga Kepri (Dok. bap.kepriprov.go.id)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Papeda yang terbuat dari sagu, sangat terkenal menjadi salah satu makanan khas Papua. Namun, olahan sagu tidak hanya ada di Papua saja. 

    Di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau (Kepri), ada juga olahan sagu yang menjadi alternatif pengganti nasi, yaitu Gubal.

    Makanan khas Bumi Bunda Tanah Melayu tersebut, berbahan utama sagu basah yang diayak dan dicampur kelapa hijau, garam dan sedikit air. 

    BACA JUGA :

    3 Menu Khas Lingga ini Wajib Ada di Meja Saat Makan Siang

    Teh Obeng Melayu, Minumnya Pakai Obeng ?

    Uniknya Rasa Latoh Silong, Sashimi ‘Jepang’ Khas Natuna

    Lalu, bagaimana cara membuat gubal khas Kabupaten Lingga. Awalnya sagu dicuci dan diayak, parutan kelapa muda yang telah dicampurkan dengan  garam halus secukupnya. Panaskan kuali terlebih dengan minyak goreng, lalu masukkan sagu dan juga parutan kelapa muda.

    Tak banyak orang mampu membuat makanan ini, mengingat butuh kemampuan khusus. campuran antara sagu dan kelapa muda haruslah seimbang.

    Tidak hanya waktu mengaduknya di atas kuali, tetapi juga harus disesuaikan dengan besarnya api dan kadar kelembaban saat memasak. Dengan begitu akan dihasilkan gubal yang enak. 

    Sangat nikmat mengkonsumsi gubal. ditemani gulai ikan dengan kuahnya yang sedap dan sedikit pedas. Jangan lupa tambahkan sambal belacan yang menambah selera makan siang.

    Gubal biasanya dibuat dari daerah penghasil sagu, di antaranya Desa Melekap, Panggak Laut, Nerekeh, Teluk, Kudung dan lain-lain di Kabupaten Lingga Kepri.