Anak Melayu Lingga Sumbang 2 Gol saat PSM Makassar Tekuk PSS Sleman 4-0

Ramadhan Sananta saat merayakan golnya ke gawang PSS Sleman. (Foto: Instagram@psm_makassar)

BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Anak Melayu Kabupaten Lingga, Ramadhan Sananta sukses membawa timnya PSM Makassar menang telak atas PSS Sleman dalam laga lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie di Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/1/2023) sore.

Sang pemimpin klasemen Liga 1 langsung mencetak gol ke gawang PSS Sleman ketika laga baru berlangsung dua menit. Ramadhan Sananta yang tak lain merupakan pemuda asal Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) ini membuka kemenangan PSM.

Ramadhan kembali terlibat dalam proses gol kedua PSM. Penyerang tim Juku Eja itu dilanggar ketika mendekati kotak penalti. Wasit Mustofa Umarella meniup peluit tanda tendangan bebas untuk PSM.

Yakob Sayuri sebagai eksekutor bola mati melepas tendangan dan mengarahkan ke sisi kiri bawah gawang. Ega Rizky bisa memblok bola, namun bola liar segera disambar Ananda Rayhan yang mencetak gol kedua bagi PSM.

Super Elang Jawa terus mencoba mencetak gol tandang. Sebuah peluang terbaik didapat pada menit ke-37. Sundulan Saddam Ghafar menerima umpan Jihad Ayoub membuat bola melintas di atas mistar.

Pada menit akhir babak kedua PSS memiliki peluang lewat Saddam yang masih bisa digagalkan kiper Reza Pratama. Begitu pula PSM yang punya kans via Ramadan. Tendangan Ramadan dari jarak jauh mudah ditangkap Ega.

Pada babak kedua PSM masih mencoba mencari gol ketiga, sementara PSS juga menggebu mengupayakan cara memperkecil jarak.

Tidak ada peluang yang benar-benar berbahaya hingga Jihad Ayoub melepas tembakan bebas pada menit ke-60 yang masih bisa ditangkap Reza Pratama.

Saat kerap berada dalam tekanan PSS, PSM bisa mencetak gol lagi pada menit ke-72. Umpan Rizky Eka Pratama dari sisi kiri bisa disambar Ramadhan. Gol kedua Ramadhan dalam laga ini membuat PSM unggul 3-0.

Empat menit berselang wasit menunjuk titik putih di kotak penalti PSS setelah Jihad Ayoub dinyatakan melanggar Ananda Rayhan. Everton Nascimento yang menjadi algojo menjalankan tugas dengan baik. Skor 4-0 untuk PSM.

PSM mampu mempertahankan skor 4-0 hingga wasit meniup peluit panjang. PSM kini menempati peringkat pertama Liga 1 dengan 37 poin, hasil dari 18 kali main dengan sembilan kali menang dan tujuh kali imbang. Hingga separuh musim, PSM baru kalah sekali.

Sementara di laga lainnya yang juga berlangsung pukul 15.00 WIB, Barito Putera kalah 1-2 dari Madura United dalam laga yang berlangsung di Stadion Demang Lehman.