https://melayupedia.com


  • Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    space iklan kosong P15

    Pulau Cantik di Lingga ini Dihuni Kawanan Ikan Duyung

    Pulau Duyung di Kabupaten Lingga Kepri (Dok. batam.tribunnews.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Pulau Duyung merupakan salah satu pulau yang terdapat di provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

    Pulau ini merupakan salah satu pulau yang berpenghuni, yakni sekitar 117 kepala rumah tangga yang tinggal dan menetap di pulau ini.

    BACA JUGA:

    Cantiknya Pulau Mentigi yang Tak Bisa Diungkapkan dengan Kata-Kata

    Pantai Momong, Surga Cantik di Anambas dengan Pasir Putih Bersih

    Air Terjun Gunung Hiu, Aliran Dari Batuan Granit yang Memukau

    Meskipun termasuk dalam kategori pulau kecil, namun pulau ini memiliki keindahan alam yang mempesona sehingga cocok untuk dijadikan sebagai kawasan wisata.

    Pulau cantik yang letaknya berada di Kabupaten Lingga Kepri ini, adalah wilayah desa yang baru berumur sekitar 2 tahun. Sebelumnya menjadi bagian dari Desa Pulau Medang di kecamatan Senayang.

    Pulau ini mengalami pemekaran sejak tahun 2014 silam. Serta keindahan alam yang menarik banyak wisatawan.

    Selain terkenal dengan keindahannya, pulau ini juga terkenal akan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, seperti hasil laut misalnya. Oleh karenanya, sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan.

    Saat berkunjung ke Pulau Duyung, wisatawan akan disambut dengan jernihnya air laut sekitar pulau Duyung, sehingga dapat melihat segerombolan ikan-ikan berenang maupun terumbu karang yang terdapat di dasar laut dengan kasat mata.

    Sesampainya di Pulau Duyung, wisatawan akan melihat hamparan pasir putih yang bersih dan lembut. Pulau Duyung memiliki perairan yang jernih serta dangkal.

    Dengan kekayaan terumbu karang yang belum banyak di jamah oleh manusia. Sehingga pemandangan bawah laut ini sangat indah dan masih sangat alami.

    Menurut cerita dari masyarakat setempat, pada zaman dahulu pulau ini dihuni oleh sekawanan ikan duyung.

    Selain itu, di tengah laut Pulau Duyung ini terdapat sebuah batu besar yang berbentuk berbentuk ikan duyung.

    Oleh karena itu, pulau ini diberi nama Pulau Duyung oleh masyarakat sekitar. Hingga sekarang pun, masih banyak sekawanan ikan duyung yang berada di sekitaran pulau ini.

    Pulau Duyung merupakan salah satu pulau yang berpenduduk, sehingga terdapat beberapa fasilitas yang tersedia untuk mendukung aktivitas para wisatawan.

    Terdapat gazebo di pinggiran pantai yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bersantai sambil menikmati keindahan laut. Di pulau ini juga telah tersedia beberapa penginapan dan  beberapa warung makan.

    Iklan P14